Jumat, 11 Mei 2018

Aksi Kemanusiaan Tim Kasta Keempat Liga Inggris Untuk Pengungsi Suriah


BeritaPusat88 - Konflik berdarah yang meneror warga Suriah dan menggemparkan dunia membuat Coventry City tergugah melakukan aksi kemanuasiaan. Klub Inggris yang berlaga di League Two (kasta keempat Liga Inggris) ini coba memberikan bantuan pada para pengungsi Suriah.
Salah satu yang mereka tuju adalah kamp pengungsi di Darashakran, Irak. Di sana terdapat sekitar 13.000 pengungsi Suriah dalam berbagai kelompok usia. Demi meringankan beban mereka, Coventry coba menyisihkan sejumlah peralatan operasional klub untuk digunakan.
Menurut laporan Sky Sports, Coventry mengirimkan berlusin-lusin jersey, perlatan latihan, dan bahkan sampai membangun lapangan sintetis di Darashkran bersama PBB. Tujuannya agar para pengungsi bisa tetap sehat dengan terus bersentuhan dengan sepak bola.
Inisiatif klub berjuluk The Sky Blues ini bermula dari kunjungan bisnis ke Suriah yang dilakukan oleh chairman mereka, Tim Fisher. Ia berharap sedikit bantuan dari kesebelasan yang ia kelola bisa memicu minat klub-klub lain untuk melakukan aksi serupa.
“Saat pertama kali datang kemari saya terkejut dengan kondisi pengungsiannya, sepak bola bisa membawa semangat positif saya jadi senang. PBB menyadari apa arti olahraga yang indah ini dan memutuskan untuk membantu kami membangun lapangan di sini. Ini bagus agar orang-orang tetap bisa menjaga kebugaran,” tutur Fisher.
“Para pengungsi merespon dengan baik dan bahkan mereka kini punya kompetisi walau tidak punya peralatan yang cukup seperti seragam dan lainnya. Di sinilah Coventry mengambil peran. Sebagai klub yang didasari komunitas kami coba mengirimkan sebanyak mungkin jersey tanding maupun latihan,”
“Kami ingin meringankan beban para pengungsi Suriah di Irak dan berbagai tempat lainnya. Semoga saja ini bisa jadi inspirasi,” tambahnya.
Coventry saat ini bukan klub besar, tapi punya sejarah panjang di sepak bola Inggris. Klub yang sudah lahir sejak 134 tahun silam tersebut pernah merasakan masa kejayaan mereka antara musim 1967/1968 sampai 2000/2001, selama 34 tahun beruntun selalu bisa bertahan di kasta teratas. The Sky Blues merasakan transformasi dari format Divisi 1 sampai ke Premier League yang kita kenal saat ini.
Sejumlah nama yang cukup tenar dan akrab di telinga pun pernah mampir untuk bermain di klub yang bermarkas di Ricoh Arena ini. Sebut saja Dion Dublin (eks Manchester United), Craig Bellamy (eks Liverpool dan Manchester City), atau Robbie Keane (eks Inter Milan, Tottenham Hotspur dan Leeds United). Daniel Sturridge bahkan tercatat sebagai alumnus akademi Coventry.
Setelah pada musim lalu terdegradasi ke League Two, kini Coventry coba merangkak kembali ke atas. Pada Minggu (13/5) mendatang mereka akan coba merebut tiket promosi ke League One (kasta ketiga) via play-off. Finish di posisi keenam dari 24 tim yang berlaga, mereka berhak menantang Notts County untuk memperebutkan satu slot terakhir. Semoga sukses Coventry City.

0 komentar:

Posting Komentar